Sukses Menggarap Peluang Bisnis Kosmetik

Posted on

Ada banyak peluang bisnis yang dapat digarap ditahun 2021 ini dan semuanya memiliki potensi yang sama untuk sukses. Akan tetapi kejelian dalam memilih peluang bisnis tetap menjadi kunci sukses tidaknya bisnis yang dijalani. Ada beberapa pertimbangan yang dapat anda gunakan sebelum memutuskan memilih salah satu peluang bisnis untuk di eksekusi, diantaranya adalah lingkup pasar (segmen konsumen), tingkat permintaan, tren, dan lain sebagainya. Para pakar ekonomi berpendapat bahwa dimasa depan, kategori-kategori yang tergolong dalam prospek cerah untuk bisnis ada 3, Food, Energy, Water. Namun jangan sepelekan juga segmentasi customer potensial Women, Youth, Netizen. Peluang bisnis yang bisa menggarap 3 kategori yang diprediksi berprospek cerah dan 3 tipe customer potensial adalah pilihan yang terbaik. Namun bila tidak ada, pastikan peluang bisnis yang akan anda eksekusi masuk ke dalam salah satu dari 6 opsi di atas.

Peluang bisnis kosmetik adalah salah satu peluang bisnis yang memiliki potensi besar untuk sukses ditahun 2014. Kosmetik sebagai salah satu produk yang memiliki pasar potensial, yang didominasi wanita, diprediksi akan terus tumbuh dan berkembang. Tampil cantik dapat dikatakan telah menjadi kebutuhan bagi hampir semua wanita dan kabar baiknya wanita hampir selalu memiliki anggaran untuk bisa tampil cantik, terlepas anggaran yang dimilikinya besar atau kecil.

Tahapan Menggarap Peluang Bisnis Kosmetik

Sekalipun peluang bisnis kosmetik memiliki potensi yang sangat besar dan relatif mudah untuk dikembangkan, perencanaan yang matang untuk menggarapnya tetaplah diperlukan. Berikut beberapa tahapan yang diperlukan sebelum menggarap peluang bisnis ini.

1. Segmentasikan calon konsumen anda

Segmentasi calon konsumen merupakan langkah awal sederhana yang dapat lakukan sebelum memulai bisnis ini. Melalui tahapan ini anda dapat memperkirakan produk yang tepat untuk dipasarkan. Sederhananya, anda dapat menyediakan produk yang tepat (dari segi kualitas, harga, brand) untuk calon konsumen yang tepat (mau dan mampu membelinya).

2. Pilih produk yang sesuai

Langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah memilih produk yang sesuai dengan segmen calon konsumen anda. Pastikan produk yang anda pilih aman dan legal. Tidak layak rasanya memberikan produk yang tidak jelas legalitas dan kualitas keamanannya. Bisnis yang dijalankan sedianya tidak hanya memberikan keuntungan namun juga keberkahan.

3. Cari supplier terbaik

Setelah anda memiliki gambaran calon konsumen dan telah memilih produk yang sesuai, maka selanjutnya anda harus mencari supplier yang dapat memasok produk secara konsisten dan jika memungkinkan dengan harga yang paling murah diantara supplier lain.

4. Tentukan metode, cara, dan sarana promosi

Tahapan terakhir yang harus dilakukan sebelum menjalankan bisnis ini adalah menentukan metode, cara dan sarana promosi. Apakah anda akan menjual produk secara online, offline (konvensional), atau gabungan keduanya? Bagaimana anda akan mempromosikan produk yang akan anda jual, membuat toko online, beriklan dikoran, menyebarkan brosur, atau ada cara lain? Media apa yang akan anda gunakan, web, media jejaring sosial, situs jual-beli, koran, direktori bisnis, atau apa?

Demikianlah tahapan-tahapan yang dapat anda gunakan sebelum menjalani bisnis kosmetik. Peluang bisnis ini memiliki potensi pasar yang sangat besar dan menggiurkan. Menggarap peluang bisnis ini dengan perencanaan yang matang akan memudahkan anda untuk menguasai seluk beluk bisnis ini.